12 Hal Menarik Yang Bisa Dilakukan Selama Social Distancing, Selain Tidur

by - April 06, 2020



   Dengan adanya wabah COVID-19 yang semakin menyebar di dunia ini, maka pemerintah menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan Sosial Distancing. Artinya kita tidak boleh melakukan kegiatan-kegiatan yang mengundang kontak fisik dengan orang lain. Dengan kata lain kita harus mengurung diri dirumah dan mengindari kontak fisik dengan orang lain sampai keadaan mulai membaik.
Tapi jika dilihat, keadaan tak kunjung semakin membaik. Bahkan masa sosial distancing juga sudah mulai diperpanjang. Perlu adanya kesadaarn dari masyarakat untuk tetap dirumah untuk memutuskan rantai penyebaran virus ini.
Banyak yang memanfaatkan hal ini untuk tidur dan bermalas-malasan. Hal ini sangat tidak baik jika dilakukan terus menerus. Ada banyak kegiatan bermanfaat yang bisa kita lakukan.
Lantas apa saja yang kita bisa lakukan selama sosial distancing? Berikut 12 hal menarik yang bisa kita lakukan selama Sosial Distancing, selain tidur :

1.    Belajar
Foto: Quipper

Mungkin kegiatan ini jarang sekali dilakukan diluar sekolah. Bahkan, ketika ditetapkan kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh siswa belum tentu melakukan pembelajaran dengan serius. Dan itu sangat berdampak pada pendidikan seorang pelajar.
Tanpa disadari Sosial Distancing ini menyebabkan seorang pelajar tertinggal dalam materi pembelajaran. Bahkan, kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh pun belum tentu bisa mengejar materi yang ada. Oleh sebab itulah kita sebagai pelajar secara kreatif harus belajar sendiri untuk mengejar dan memahami materi yang ada.
Yah sebenarnya hal ini agak sulit dilakukan oleh banyak pelajar. Hanya kalangan pelajar pintar dan rajin yang mampu melakukan hal ini dengan rutin. Tapi tetap kita harus tetap rutin dalam belajar. Sedikit apapun materi yang kita pahami itu tetap akan berguna bagi kita nantinya.
Ingatlah, “Pendidikan merupakan senjata yang paling mematikan di dunia, karena hanya dengan pendidikan anda bisa mengubah dunia.”

2.    Bermain game
 
Foto: Marketeers

Sudah tidak heran kalau bermain game masuk dalam daftar ini. Mau hari libur ataupun hari biasa, bermain game tetap menjadi kegiatan rutin setiap hari. Yang saya maksud disini bukan saja game digital ya, tetapi juga game papan, kartu, atau apapun bentuknya. Dan sadar ataupun tidak, pasti kita bermain game minimal sekali dalam sehari.
Mungkin sebagian dari kalian sudah mulai bosan dan stress dengan sosial distancing. Maka bermain game adalah salah satu cara untuk menghilangkan kebosanan dan stres. Mungkin beberapa dari kalian tidak setuju dengan point kedua, karena terkadang game memang bisa membuat orang tambah stress. Ada caranya kok, kalian bisa bermain game online bersama teman-teman lewat komunikasi. Yakin banget gak bakalan stress kalau seperti itu.
Bukan cuma itu saja, bermain game masih memiliki banyak manfaat. Seperti melatih kemampuan berbahasa asing, melatih kerja sama tim, menumbuhkan kemampuan problem solving, mengasah kesabaran, dan menghasilkan uang.

3.    Mendengarkan musik atau podcast

  Foto: Beritagar
Jika ingin melatih kekuatan fisik, lakukan olahraga. Namun apabila hendak mengasah kekuatan otak, maka dengarkanlah musik. Mengapa begitu? Ternyata mendengar musik memiliki manfaat yang sangat besar bagi otak.
Sama halnya dengan bermain game, musik ternyata bisa meredakan stress. Dengan mendengarkan musik kita bisa membangkitkan mood kita. Banyak jenis musik yang ada didunia, kita bisa menyesuaikan musik yang akan kita dengar dengan suasana hati kita saat itu.
Tak hanya musik tetapi podcast juga. Selain melatih simulasi otak lewat pendengaran, podcast juga memberikan informasi beragam, bahkan humor sekalipun. Meski tidak belajar kita tetap bisa mendapat pengetahuan yang berguna lewat podcast. Ada banyak podcast yang bisa kita dengar di youtube ataupun Spotify.
Mendengarkan musik atau podcast juga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Bahkan bisa dilakukan sambal melakukan kegiatan lain. Seperti; memasak, makan, mengerjakan tugas, bahkan mandi sekalipun.

4.    Bermain atau belajar menggunakan alat musik
  Foto: The Moon Doggies 

Kalau kalian suka mendengar musik, kenapa tidak untuk memainkannya? Sosial  Distancing memberikan waktu luang yang banyak pada kita. Ada baiknya kita gunakan untuk mengembangkan bakat kita, seperti bermain musik.
Mungkin yang satu ini tidak bisa dilakukan oleh semua orang mengingat tidak semua mempunyai alat musik di rumah. Namun kita bisa kreatif menggunakan barang-barang di sekitar kita menjadi alat musik, gampangnya alat musik ritmis. Contohnya ember yang bisa dijadikan durm.
Tetapi bagi teman-teman yang mempunyai alat musik di rumah seperti gitar, keyboard, biola, dan sebagainya, jangan malas untuk mengembangkan bakat kalian. Bagi yang belum bisa memainkannya, ini adalah waktu yang tepat untuk belajar. Kalian akan lebih mudah fokus belajar karena tidak banyak kegiatan berat yang harus dilakukan sekarang.  

5.    Nonton film

 Foto: Line Today

   Mungkin belakangan ini kalian disibukan dengan tugas dan kegiatan-kegiatan lainya sampai kalian tidak punya waktu untuk menonton series atau film favoritmu. Nah sekarang kalian sudah punya banyak waktu luang untuk melakukannya.
Waktu karantina ini merupakan waktu yang sempurna untuk melanjutkan series atau film yang sudah lama kalian tunda. Apalagi kalian bisa menontonnya secara marathon tanpa takut diganggu oleh jadwal yang begitu padat. Point ini sangat ditujukan bagi kalian para pecinta drakor satupun anime.
   Buat kalian yang bingung mau nonton apa, mungkin saya bisa berikan beberapa rekomendasi series dan film buat kalian:
  •  MCU’s Movie
  •  La La Land (2016) 
  •  Parasite (2019)
  • 3 Idiot (2009) 
  • God Father (1972-1974-1990)
  • John Wick (2014-2017-2019)
  • High School Musical (2006-2007-2008)
  • Stranger Thing series

6.    Membaca buku
  

 Foto: Teras Jabar

   Sama halnya dengan yang tadi. Sebelumnya mungkin kalian terlalu disibukan dengan tugas dan kegiatan yang begitu padat sehingga tidak punya waktu lagi untuk membaca buku. Mungkin sudah banyak buku yang mau kalian baca tetapi tak punya waktu yang cukup untuk membacanya. Atau bahkan takut ceritanya tidak seru karena membacanya sepenggal-sepenggal membuat kalian menutup niat untuk membacannya dan menunggu waktu yang tepat.
   Nah, sekaranglah waktu yang tepat. Kalian bisa gunakan waktu karantina ini untuk membaca buku yang sudah ingin kalian baca dari lama. Kalian bisa membuat suasana yang nyaman untuk membaca tanpa di ganggu orang lain. Disamping itu juga membaca buku bisa meningkatkan kemampuan literasi kita, jadi banyak-banyaklah membaca kawan.
   Bagi kalian yang bingung mau membaca buku apa, mungkin saya bisa memberikan beberapa rekomendasi buku kepada kalian:
  •  Nuceur (Renita Nozaria)
  •   King Bullying VS Queen Rescue (Clara Amanda)
  • Hyouka series (Honobu Yonezawa)
  • Noir series (Renita Nozaria)
  •  IPA & IPS (Azahra Haryanto)

7.    Membuat jurnal


 Foto: Cowloing & Wilcox

Selain melatih kemampuan menulis, membuat jurnal juga dapat meningkatkan kreatifitas kita. Kita dapat membuat jurnal yang tidak hanya berisi tulisan, melainkan juga gambar-gambar yang menarik.
Secara tidak kita sadari membuat jurnal melatih otak kita dalam hal perancangan. Dengan belajar dari pengalaman yang kita tulis di jurnal, kita bisa mulai merencanakan kegiatan yang lebih bermanfaat yang akan kita lakukan kedepannya. Kita juga bisa menggunakan pengalaman yang kita tulis dalam jurnal sebagi bahan refleksi, yang dimana refleksi ini dapat membantu kita dalam mengasah kepekaan kita. Terutama bagi kalian pada cowok.
Dan manfaat terakhir dari membuat jurnal adalah menyimpan kenangan. Otak manusia suatu saat akan berkurang kinerjanya, hal ini berdampak pada ingatan kita. Kita akan sulit untuk mengingat kenangan-kenangan dimasa lalu, bahkan yang indah sekalipun. Dengan membaca jurnal yang sudah kita buat akan membatu mengingat kenangan-kenangan kita dimasa lalu, kenangan sedih atauapun indah semua itu tergantung dari apa yang kita tulis. Jadi tulislah sesuai pengalaman tanda di rekayasa seperti acara-acara di tevelevisi.

8.    DIY (Do It Yourself)

  Foto: Home Hack

Buat kalian para king dan queen DIY mungkin kalau tidak disuruh pun sudah melakukan ini sejak awal sosial distancing dimulai. Menurut Wikipedia Do It Yourself adalah kebiasaan untuk membuat segala hal sendiri. Artinya kita dapat membuat segala sesuatu sendiri dengan kekreatifitas kita menggunakan barang-barang yang ada di sekitar kita.
Banyak yang menganggap bahwa membuat DIY sangatlah sulit dan hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah ahli. Ya memang begitulah adanya, kita perlu banyak berlatih dan mengasah kekreatifitasan kita. Kita bisa menonton video-video di social media mengenai DIY seperti oleh "5-Minute Crafts" dan mempraktekannya untuk mengasah kekreatifitasan kita.
Kita juga tidak boleh malas, sebab tidak ada gunanya sebuat bakat jika tidak di lakukan.
Dengan membuat DIY sama saja dengan membuat barang-barang yang sebelumnya tidak berguna berubah menjadi barang yang mempunyai nilai seni dan nilai guna yang tinggi. Barang yang berhasil kita buat juga bisa menjadi lifehack loh. DIY juga dapat membuat kita menghemat uang, karena kita dapat membuat suatu barang yang kita inginkan tanpa harus membelinya.

9.    Mendekor rumah

 Foto: Morganmoserrr
Ini merupakan pengembangan dari point sebelumnya. Jika kita memiliki kreatifitas yang cukup terasah, maka disarankan untuk menggunakan kreatifitas itu untuk mendekor rumah. Jika menurut kalian mendekor rumah terlalu besar maka mulailah dari satu ruangan dulu, seperti kamar kalian. Gunakan kreatifitas kalian untuk membuat hiasan-hiasan atau barang-barang yang bermanfaat untuk memperindah penampilan dalam ruangan kalian agar enak untuk dilihat.
Kalian juga bisa sekalian bersih-bersih rumah agar rumah terhindar dari sampah-sampah yang mengundang penyakit datang. Ciptakanah suasana yang nyaman untuk menemani kegiatan-kegiatan kalian selama sosial distancing agar tidak bosan di rumah.

10.   Memasak atau belajar memasak


Foto: Marshmello 

Buat yang hobi makan jangan cuma makan terus. Kalau suka makan maka wajib untuk tau masak juga, terutama kalian para cewek. Kita bisa mengunakan waktu luang ini untuk latihan memasak sekaligus makan. Contohnya saja ketika mau makan pagi, siang, dan malam kita bisa sekalian belajar memasak.
Jangan Cuma tau masak indomie saja, belajarlah memasak makanan lain. Gunakan media sosial untuk menonton video-video tutorial memasak untuk membantu anda dalam latihan memasak. Jangan cuma pakai buat nonton video itu aja, mending kita gunakan paket kita untuk hal yang manfaatnya berkepanjangan. Hitung-hitung jiga buat persiapan rumah tangga kelak, hehe.

11.   Olahraga

Foto: SehatQ

Mengingat berkurangnya kegiatan-kegiatan yang menggunakan kekuatan fisik selama sosial distancing, maka perlu bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan fisiki kita lewat olahraga. Usahakan lakukan olahraga yang tidak membutuhkan bantuan orang lain untuk menghindari kontak fisik, contohnya seperti jogging. Selain meningkatkan kesehatan fisik kita juga dapat menikmati pemandangan disekitar mengingat dirumah pemandangan yang kita lihat dirumah itu-itu aja dan membuat cepat bosan.
Disarankan olahraga seperti ini dilakukan pagi dan sore saja. Karena kalau kalau dilakukan tengah malam itu terlalu berbahaya. Kita bisa saja bertemu dengan ibu-ibu nanti. Kalau sudah begitu masalahanya, maka kita harus memanggil kang adit kan.

12.   Maraton one piece dari episode satu

  Foto: Kincir.com

Kalau yang ini sebenarnya kurang dianjurkan. Tapi kalau kalian kalau mau coba boleh saja. Kegiatan seperti ini hanya dilakukan oleh orang-orang yang berpengalaman saja, hehe.

Nah, demikian informasi yang bisa saya sampaikan mengenai hal menarik yang bisa dilakukan selama sosial distancing. Maaf jika ada salah penulisan dan pengejaan kata. Dan jika ada kata-kata yang tak berkenan dihati teman-teman mohon maafkan. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

#PelajarIndonesiaCegahCovid19

You May Also Like

4 komentar