Tetap Ceria Meski Lebaran #dirumahaja

by - Mei 31, 2020



Lebaran tahun ini terasa sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya pandemi virus corona (Covid-19). Biasanya umat islam akan berkumpul bersama dimasjid atau lapangan untuk melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri di pagi hari. Namun untuk tahun ini tampaknya kegiatan itu sedikit terhalang.

Bagi orang beriman, mereka mungkin menganggap pandemi ini adalah ujian dari Tuhan. Kalau di sekolah, selama ujian berlangsung kita harus selalu mempersiapkan diri kita. Belajar dan menjaga kesehatan merupakan kunci utamanya. Begitu juga dengan pandemi ini. Kita harus mempersiapkan diri kita untuk menjalani pandemi ini. Kita harus mulai untuk belajar menahan diri kita. Menahan diri untuk tidak keluar rumah agar menghindari keramaian, menahan diri untuk tidak hidup konsumtif, dan sebisanya menahan diri untuk tidak mudik. Semua ini dilakukan untuk memutuskan rantai penyebaran virus corona (Covid-19) di negara kita ini.


Bersilaturahmi dan saling berjabat tangan tampaknya sudah menjadi tradisi saat lebaran entah dari tahun kapan. Namun dalam keadaan seperti ini hal tersebut tidak memungkinkan untuk dilakukan. Ini bukan berarti menjadi alasan untuk menghilangkan semangat lebaran kita di tahun ini. Kita bisa melakukan berbagai aktivitas seru untuk menceriakan suasana lebaran hanya dari rumah saja.
Tradisi lebaran bukannya dihilangkan, melainkan hanya diganti caranya. Mungkin kita akan merasa aneh dengan cara perayaan lebaran tahun ini. Tetapi itu semua tidak akan mengurangi keceriaan lebaran sama sekali, asalkan kita benar-benar menyadari keceriaan itu ada. Lalu bagaimana cara kita bisa menyadari keceriaan di lebaran kali ini tanpa mudik dan bersilahturahmi?

Silaturahmi yang sebenarnya adalah membangun ikatan yang kasih sayang kepada sesama, entah itu keluarga, teman, tetangga, bahkan orang yang tidak kau kenal sekalipun. Ikatan tersebut dapat dibangun dengan berbagai cara, bukan hanya dengan datang ke rumah teman atau kerabat dan berbincang-bincang guna mempererat ikatan. Padahal tujuan sebenarnya menghabiskan makanan dirumahnya, hehe.


Sejujurnya silaturahmi itu tidak harus bertemu tatap muka secara langsung. Dimana hanya dengan modal gadget, paket/wifi, dan  niat , kita bisa merasakan keceriaan lebaran di tengah pandemi ini.

Ditengah era digital ini banyak perkembangan teknologi yang dapat membantu kegiatan manusia dalam berbagai bidang, terutama dalam berkomunikasi. Kehadiran beberapa aplikasi seperti zoom, whatapp, skype, google duo dan kawan-kawannya yang lain, sangat membantu kita untuk bisa berkomunikasi dengan teman atau keluarga yang jauh hanya dari rumah saja. Bahkan hal ini tidak hanya bisa dilakukan oleh individu dan individu, tetapi juga oleh individu dengan kelompok. Apa artinya? Artinya kita bisa memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi dengan teman atau keluarga kita dalam jumlah banyak disaat yang sama.

Saya yakin kalian sudah terbiasa dengan fungsi teknologi yang satu ini. Jelaslah, namanya jua anak era digital. Kini kita menggunakan teknologi untuk berkomunikasi dengan teman atau keluarga. Tidak perlu berjabat tangan, cukup menyapa dengan sopan dan memohon maaf jikalau ada salah. Mulailah berbincang seperti biasa, dekatkan diri dengan video call. Jarak sejauh apapun akan terasa dekat dengan  ini.


Bersilaturahmi secara digital, tidak ada salahnya juga bukan? Kesan dan keceriaannya tidak akan berkurang sama sekali, tergantung bagaimana teman-teman menanggapinya. Sadarilah bahwa kecerian itu bisa ditemukan didalam aktivitas-aktivitas sederhana seperti ini. Yang tidak bisa ditemukan hanyalah ketupat. Hehe.

Sekarang tunggu apa lagi? Segera ambil gadget kalian lalu hubungi teman dan keluarga kalian yang sedang jauh. Sahabat, orang tua, saudara, kakek, nenek, dan siapa saja yang ingin anda temui, sapa mereka semua dengan semangat lebaran. Minta maaf atas semua kesalahan yang pernah kamu buat, baik yang sengaja maupun tidak sengaja. Bagikan ceritamu kepada mereka, bangunlah ikatan yang lebih erat diantara kalian. Sebab begitulah silaturahmi yang benar dilakukan.


Selamat lebaran semuanya! By the way, maaf uploadnya telat hehe.

#BerbagiCeritaCovid
#Covid19diaries
#UReportCovid19

You May Also Like

0 komentar